Tips Aman Berbelanja

27 Aug 2010

Perkembangan layanan internet yang sedemikian pesat dan modern disertai boomingnya situs jejaring sosial beberapa tahun terakhir membuat layanan bisnis via internet semakin digandrungi pemilik toko konvensional. Dan tentu tak ketinggalan Mbatik Ndistro yang menjual baju batik gaul n modern gaya distro

Layangan online yang sangat memudahan konsumen untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan ini tentu akan meningkatkan angka belanja masyarakat melalui internet. Sebuah survey di 2008 menyebutkan ada lebih dari separuh pengguna internet Indonesia yang pernah melakukan pembelian melalui toko online, baik itu beli baju Batik, kaos distro atau lainnya.

Namun dibalik kemudahan itu semua, belanja via online juga memiliki resiko. Fasilitas tersebut bisa disalahgunakan oknum pemilik toko yang tak bertangggung jawab. Oleh karena itu kita harus teliti dalam memilih toko online yang menyediakan layanan belanja via online.

Berikut ini beberapa tips aman belanja via online, agar bisa Anda jadikan bahan referensi demi keamanan berbelanja via online.

Pilih Website yang Terpercaya
Hal pertama yang harus dilakukan jika Anda belanja online adalah Anda harus memilih situs toko online yang terpercaya, biasanya toko ini direkomendasikan dari komunitas online, teman, review dari sesama pengguna atau rekomendasi layanan pencarian situs berbelanja terpercaya seperti Google, Yahoo, MSN, Amazon dan CNET yang menyediakan rating.

Pilih Website yang Memiliki Identitas
Biasa pemilik toko online memberikan alamat ataupun menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pelayanan konsumen atau untuk memesan barang.

Lihat Reputasi Web
Cari tahu bagaimana reputasi pemilik toko dalam melayani konsumennya, misalnya dengan mencari informasinya lewat Google atau yahoo answer.

Spesifikasi Produk
Perhatikan spesifikasi produk yang akan dibeli dari segi kualitas yang anda pahami.

Jaga data pribadi
Jangan mudah memberikan data pribadi yang tidak ada kaitannya dengan kepentingan transaksi anda seperti NO KTP, SIM, kartu kredit atau ATM anda (Kecuali nama Bank untuk kepentingan pembayaran)

Print Pesanan Anda
Print halaman situs yang mengkonfirmasi seluruh hal mengenai pesanan Anda seperti : harga barang, informasi produk atau kode pesanan.
Demikian juga dengan informasi yang dianggap penting seperti Kebijakan toko. Hal ini untuk berjaga-jaga dari kemungkinan kesalahpahaman antara kedua belah pihak.

Pembayaran
Dalam transaksi belanja online biasanya akan ditawarkan berbagai cara, contoh via : kartu kredit, paypal, transfer langsung via bank,dll.
Jika anda belum berpengalaman lebih baik memilih cara transaksi yang aman melalui transfer langsung.

Pengiriman
Perhatikan jasa layanan kurir yang dipilih toko dalam pengiriman barang. Mintalah nomer resi pengiriman agar Anda bisa mengetahui informasi tracking pengiriman barang di situs perusahaan kurir.

Garansi
Garansi produk adalah hal penting di toko online. Pastikan toko memberikan garansi yang menguntungkan kedua belah pihak jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada produk.
lihat juga peraturan yang ada ( misalnya : barang pesanan yang diterima cacat apakah dapat ditukar dengan barang yang baru )

*) Dikutip dan disadur dari :
Symantec Corporation dan http://internetmarketing.websiteini.com


TAGS


-

Author

Follow Me